Terjemah Futuhat al Makkiyah jilid 1-4


RP 415.000

Produk Al Futuhat al Makkiyah adalah kitab yang di tulis oleh Ibn Al Arabi pada tahun 599 H di Makkah. Judul lengkapnya yaitu al futuhat al makkiyah fi ma’rifat al asrar al malikiyyah wa al mulkiyyah.

Mayoritasi isi dari kitab ini berkaitan dengan hal-hal yang telah disingkapkan oleh Allah saat sedang melakukan thawaf di rumah-Nya yang dimuliakan (al bayt al mukarram) atau saat dia sedang duduk sambil bermuraqabah di hadapannya.

Kitab ini terdiri dari 560 bab yang terbagi atas enam pasal, yaitu:
Pasal al ma’rifat terdiri dari 73 bab. Pasal ini menjelaskan makrifat sufi yang diawali dengan rahasia ilmu huruf dan diakhiri dengan rahasia syiar-syiar agama.
Pasal al mu’amalat terdiri dari 116 bab. Pasal ini menjelaskan apa yang selayaknya dilakukan oleh pesuluk dengan mengambil pelajaran dari pengalaman sufistik hingga kepribadiannya menyempurna.
Pasal al ahwal terdiri dari 80 bab. Pasal ini menjelaskan keadaan-keadaan dan pancaran yang diraih oleh pesuluk dalam perjalanannya menuju Tuhan.
Pasal al manazil terdiri dari 114 bab. Pasal ini menjelaskan tanda-tanda yang diberikan oleh Kekasih dalam keterasingan pesuluk, kemudian dia berhenti pada tanda itu untuk beristirahat sejenak, kemudian meninggalkannya dalam mikrajnya yang abadi.
Pasal al munazalat terdiri dari 78 bab. Pasal ini menjelaskan tempat pertemuan yang abadi antara hamba dalam pendakiannya dan al-Haq dalam penurunan-Nya.
Pasal al maqamat terdiri dari 99 bab. Pasal ini menjelaskan ufuk tertinggi yang diraih oleh pesuluk sesuai dengan kadarnya dan pancaran pribadinya.

Mukaddimah
Dalam mukaddimah kitab al futuhat al makkiyyah dijelaskan tentang perwujudan segala sesuatu dalam bentuk manifestasi nama-nama-Nya.

Pasal al Ma’rifat
Beberapa diantaranya menjelaskan tentang ilmu huruf yakni yang berkaitan dengan tingkatan-tingkatan ilmu huruf, selain itu juga dijelaskan di dalamnya bahwa seluruh isi alam itu hidup dan beraka budi, dan disana juga dijelaskan tentang sofistik

Pasal Al Muamalat
Beberapa diantaranya menjelaskan tentang ma’rifat kewajiban-kewajiban dan sunnah-sunnah, juga menjelaskan tentang perilaku wara’

Pasal al Ahwal
Diantaranya ada yang menjelaskan tentang adab syariat yang berkaitan dengan substansi dan aksiden (Ibnu 'Arabi, n.d. vol. 2 p. 481)

Pasal al Manazil
diantaranya menjelaskan tentang pertanyaan yang harus dijawab dan tidak ditertawakan pada bab 191 yang berkaitan dengan pengetahuan awal zaman (Ibnu 'Arabi, n.d. vol 2. p. 655)

Pasal al Munazalat
Diantaranya menjelaskan tentang siapa yang dihina berarti dia menang (Ibnu 'Arabi, n.d vol. 3. p. 530)

Pasal al Muqamat
diantaranya menjelaskan tentang cara memudahkan yang sulit (Ibnu 'Arabi, n.d. vol. 4. p. 351-352)

Pandangan Ulama Tentang Kitab Al Futuhat Al Makkiyyah
"Ketahuilah, wahai saudaraku, sesungguhnya saya sudah menelaah beberapa kitab para ulama yang tidak dapat saya hitung, namun saya tidak menemukan kitab yang paling mencakup ucapan ahli tarekat melebihi kitab "al Futuhat al Makkiyyah", terlebih lagi apa yang terkandung di dalamnya dari rahasia-rahasia syariat dan penjelasan perdebatan para mujtahid (ahli ijtihad dalam fiqih) dalam menetapkan hukum. Jika seorang mujtahid membaca kitab tersebut, niscaya ilmunya akan bertambah, bahkan dia akan mengetahui rahasia-rahasia dalam berbagai sudut pandang tentang penetapan hukum dan dengan alasan-alasannya yang autentik dari apa yang belum diketahuinya. jiak seorang mufassir (ahli tafsir) al quran, atau pensyarah hadits-hadits nabi, atau mutakallim (ahli kalam), atau muhaddits (ahli hadits), atau ahli bahasa, ahli qori, atau penafsir mimpi, atau ahli fisika dan kedokteran, atau ahli matematika, atau ahli nahwu, atau ahli logika, atau sufi, atau orang alim yang mengetahui alam nama-nama ilahi, atau orang alim yang menguasai ilmu huruf membaca kitab itu, maka mereka akan menemukan hal-hal yang baru," (Sya'rani, Al Kibrit al Ahmar. 1998. p. 8)

Sumber: Seminar Filsafat Islam dan Tasawuf PMIAI UPM-ICAS dan STFI Sadra Jakarta tentang Kitab Al Futuhat Al Makkiyyah karya Ibnu 'Arabi oleh Ikhlas Budiman, M.Si.

*Baru terbit terjemahan jilid 1-4. Harga 425.000

Info dan pemesanan wa.me/+6285324521168
tokobukuahlulbait.net


Produk Kami Lainnya :