.

METAFISIKA 1 DAN 2








Metafisika memiliki dua bahasan; metafisika umum yang mengkaji wujud sebagaimana wujud. Dan metafisika khusus yang mengkaji wujud Tuhan, asma dan sifat-sifatNya. Buku bidayah al-hikma, karya filosof dan penafsir besar Allamah Thabathabai merupakan kitab metafisika,baik umum maupun khusus, yang sengaja ditulis sebagai bahan ajaran sistematis.

Kitab bidayah al-hikmah memiliki 12 bagian. Bagian pertama hingga sebelas merupakan metafisika umum. Adapun kedua belas, merupakan bahasan metafisika khusus. Buku yang ada dihadapan Anda ini, merupakan terjemahan sekaligus penjelasan atas bagian pertama dan kedua. Bagian pertama bercerita tentang wujud dan ketiadaan. Sedangkan bagian kedua mengkaji ihwal wujud eksternal dan wujud mental.

Begitulah identitas ontologis manusia. Ia adalah wujud fakir, bahkan kefakiran itu sendiri. Ia adalah wujud dependen, bahkan dependensitas itu sendiri. Kefakiran dan dependensitas bukan aksiden yang menempel kepada manusia. Keduanya adalah identitas ontologisnya.

Ibarat putih dan warna putih, begitulah keintiman manusia dengan kefakiran dan kebergantungan pada Tuhan. Jangankan pengetahuan, akal dan wujud diri pun adalah pemberian-Nya. Kita hanya “meminjam” wujud dari-Nya. Wujud kita, meminjam istilah Prof. Mishbah Yazdi, adalah wujud pinjaman.

Metafisika jilid dua ini merupakan syarah bidayah al-hikmah, sama dengan kitab sebelumnya

Produk Kami Lainnya :